Recent Posts

Recent Comments

Popular Posts

Tutorial Blog

Katanya Temen Nih

Site Info

tab 1 - Click >> Edit

Friend Link

Diberdayakan oleh Blogger.

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

Reader Community

About Me

Followers

Blog Archive

Search

Kamis, 08 Desember 2011

NEGARA DAN REVOLUSI. PENGALAMAN DARI TAHUN 1848-1851

SAAT MENJELANG REVOLUSI

Karya-karya pertama yang sudah matang dari Marxisme --Kemiskinan Filsafat dan Manifesto Komunis--muncul justru pada saat menjelang revolusi 1848. oleh karena itu, sebagai tambahan bagi penyajian prinsip-prinsip umum Marxisme, karya-karya itu mencerminkan sampai derajad tertentu situasi revolusioner konkrit massa itu. Maka, akan menjadi lebih jitu, barangkali, untuk mempelajari apa yang dikatakan oleh para pengarang karya-karya tersebut tentang negara segera sebelum mereka menarik kesimpulan-kesimpulan dari pengalaman tahun-tahun 1848-51 .(1)

Di dalam Kemiskinan Filsafat, Marx menulis :

"Kelas buruh dalam proses perkembangannya akan menggantikan masyarakat lama borjuis dengan perserikatan yang akan menyingkirkan kelas-kelas beserta pertentangannya, dan tidak akan ada lagi kekuasaan politik apapun yang sebenarnya, karena kekuasaan politik adalah justru pernyataan resmi dari antagonisme kelas dalam masyarakat borjuis." (halaman 182, edisi Jerman, 1885)(2)

Adalah disarankan untuk membandingkan keterangan umum dari pikiran mengenai hilangnya negara sesudah penghapusan kelas-kelas ini dengan keterangan yang termuat dalam Manifesto Komunis, yang ditulis oleh Marx dan Engels beberapa bulan kemudian --tepatnya, pada bulan November 1847:

"Dalam melukiskan fase-fase yang paling umum dari perkembangan proletariat, kita mengusut peperangan dalam negeri, yang sedikit atau banyak tersembunyi di dalam masyarakat yang ada, sampai pada titik di mana perangan dalam negeri itu meletus menjadi revolusi terbuka, dan melalui penggulingan borjuasi dengan kekerasan, proletariat mendirikan kekuasaannya.

"Telah kita lihat di atas, bahwa langkah pertama dalam revolusi kelas buruh, adalah mengangkat proletariat menjadi kelas yang berkuasa, memenangkan demokrasi.

"Proletariat akan menggunakan kekuasaan politiknya untuk merebut, selangkah demi selangkah, seluruh kapital dari borjuasi, memusatkan semua alat produksi ke dalam tangan Negara, yaitu di dalam tangan proletariat yang terorganisasi sebagai kelas yang berkuasa; dan untuk meningkatkan jumlah tenaga produktif secepat mungkin". (halaman 31 dan 37, edisi Jerman ke-7, 1906)(3)

Di sini kita dapati formulasi dari salah satu pikiran yang paling perlu diperhatikan dan paling penting dari Marxisme mengenai pokok persoalan negara, yakni, ide mengenai "diktatur proletariat" (seperti yang mulai disebut oleh Marx dan Engels sesudah Komune Paris); dan juga suatu definisi yang luar biasa menarik perhatian mengenai negara yang adalah juga salah satu "kata terlupakan" dari Marxisme: "negara, yaitu, proletariat yang terorganisasi sebagai kelas yang berkuasa".

Definisi mengenai negara tersebut belum pernah dijelaskan dalam literatur propaganda dan agitasi yang kini berkuasa dari partai-partai Sosial-Demokratis resmi. Lebih dari sekedar itu, kata-kata tersebut memang dengan sengaja dilupakan, karena ia mutlak tak dapat didamaikan dengan reformisme, dan ia adalah suatu tamparan langsung bagi segala prasangka oportunis dan ilusi filistin yang umum sekarang ini tentang "perkembangan damai dari demokrasi".

Proletariat memerlukan negara --ini diulangi oleh semua kaum oportunis, sosial-chauvinis dan Kautskyis yang memasti-mastikan pada kita bahwa inilah yang dipikirkan oleh Marx. Tetapi mereka "lupa" menambahkan bahwa, pertama-tama, menurut Marx, proletariat hanya membutuhkan suatu negara yang melenyap, yaitu, negara yang tersusun sedemikian rupa sehingga ia mulai melenyap dengan segera dan tidak dapat lain kecuali melenyap. Dan, kedua, kaum yang bekerja membanting tulang memerlukan suatu "negara, yaitu, proletariat yang terorganisasi sebagai kelas yang berkuasa".

Negara adalah suatu organisasi kekuatan yang khusus; ia adalah suatu organisasi kekerasan untuk menindas suatu kelas. Kelas apakah yang harus ditindas oleh proletariat? Wajarnya, hanya kelas penindas, yaitu borjuasi. Kaum yang bekerja membanting tulang memerlukan negara hanya untuk menindas perlawanan dari pihak para penghisap, dan hanya proletariat saja yang berada dalam posisi memimpin penindasan ini, menjalankannya; karena proletariat adalah satu-satunya kelas yang dapat revolusioner secara konsekuen, kelas satu-satunya yang dapat menyatukan kaum yang bekerja membanting tulang dan kaum yang terhisap dalam perjuangan melawan borjuis, mengenyahkannya sama sekali.

Kelas-kelas penghisap memerlukan kekuatan politik untuk mempertahankan penghisapan, yaitu, untuk kepentingan memuaskan diri sendiri dari minoritas yang tidak penting terhadap mayoritas luas dari Rakyat. Kelas-kelas terhisap memerlukan kekuasaan politik untuk menghapuskan sampai segala penindasan ke akar-akarnya, yaitu, demi kepentingan mayoritas luas dari Rakyat, dan terhadap minoritas yang tidak signifikan yang terdiri dari para pemilik budak modern --tuan tanah dan kapitalis.

Kaum demokrat borjuis kecil, yaitu kaum yang pura-pura sosialis yang telah menggantikan perjuangan kelas dengan impian-impian tentang keselarasan kelas, bahkan menggambarkan perubahan sosialis dengan gaya bermimpi pula --bukan sebagai penggulingan kekuasaan kelas penghisap, tetapi sebagai penundukkan secara damai minoritas pada mayoritas yang telah menjadi sadar akan tujuan-tugasnya. Utopia borjuis kecil ini, yang tak terpisahkan berkaitan dengan pikiran tentang negara berada di atas kelas-kelas, dalam praktek menjurus pada penghianatan terhadap kepentingan-kepentingan kelas-kelas yang bekerja membanting tulang, seperti yang ditunjukkan, misalnya, oleh sejarah revolusi-revolusi Perancis tahun 1848 dan 1871, dan oleh pengalaman keikutsertaan kaum "Sosialis" dalam kabinet-kabinet di Inggris, Perancis, Italia, dan negeri-negeri lain pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Sepanjang hidupnya Marx berjuang melawan sosialisme borjuis kecil ini --yang sekarang dihidupkan kembali di Rusia oleh partai-partai Sosialis-Revolusioner dan Menshevik. Marx dengan konsekuen menerapkan ajarannya tentang perjuangan kelas, sampai kepada ajaran tentang kekuasaan politik, ajaran mengenai negara.

Penggulingan kekuasaan borjuis hanya dapat diselesaikan oleh proletariat, sebagai kelas istimewa yang syarat-syarat ekonomi eksistensinya menyiapkannya untuk tugas ini dan melengkapinya dengan kemungkinan dan kekuatan untuk melakukannya. Sedang borjuasi memecah dan memencarkan kaum tani dan semua golongan borjuis kecil, ia menghimpun, menjatuhkan dan mengorganisasi proletariat. Hanya proletariatlah --disebabkan peranan ekonomi yang dilakukan olehnya dalam produksi besar-besaran-- yang mampu menjadi pemimpin dari seluruh massa yang bekerja membanting tulang dan terhisap, yang oleh borjuasi dihisap, ditindas, dan dipukul tidak kurang malah sering kali lebih hebat dari pada kaum proletar, tetapi tidak mampu menjalankan perjuangan yang independen demi kebebasannya.

Ajaran tentang perjuangan kelas, bila diterapkan oleh Marx pada masalah negara dan masalah revolusi sosialis tidak boleh tidak menjurus pada pengakuan atas kekuasaan politik proletariat, diktaturnya, yaitu kekuasaan yang tidak dibagi dengan siapapun dan yang langsung bersandar pada kekuatan bersenjata dari massa. Penggulingan borjuasi dapat dicapai hanya oleh proletariat yang berubah menjadi kelas yang berkuasa yang mampu mengancurkan perlawanan tak terelakkan dan kalap dari borjuasi, dan mampu mengorganisir seluruh massa yang bekerja membanting tulang dan terhisap untuk susunan tata tertib ekonomi yang baru.

Proletariat memerlukan kekuasaan negara, organisasi kekuatan yang terpusat, organisasi kekerasan, baik untuk meluluhlantakkan perlawanan dari kaum penghisap, maupun untuk mempimpin massa maha besar dari penduduk --kaum tani, borjuasi kecil, kaum setengah-proletar-- dalam pekerjaan mengorganisasikan ekonomi sosialis.

Dengan mendidik partai kaum buruh, Marxisme mendidik pelopor proletariat yang mampu memegang kekuasaan, memimpin seluruh Rakyat menuju ke Sosialisme, mengemudikan dan mengorganisasi susunan tata tertib baru, menjadi guru, penunjuk jalan, pemimpin dari semua buruh dan yang terhisap dalam tugas membangun kehidupan sosial mereka tanpa borjuasi dan melawan borjuasi. Berlawanan dengan hal ini, oportunisme yang sekarang berkuasa melatih anggota partai kaum buruh untuk menjadi wakil kaum buruh yang dibayar lebih tinggi, yang kehilangan kontak dengan buruh kebanyakan, "merasa kerasan dan betah" sekali di bawah kapitalisme, dan menjual hak-kelahirannya hanya seharga setengah peser, artinya memundurkan diri dari peranan sebagai pemimpin-pemimpin revolusioner dari rakyat melawan borjuasi.

"Negara, yaitu, proletariat yang terorganisir sebagai kelas yang berkuasa", teori dari Marx ini adalah tak terpisahkan terikat dengan seluruh ajarannya tentang peranan revolusioner proletariat dalam sejarah. Puncak peranan ini adalah diktatur proletariat, kekuasaan politik dari proletariat.

Tetapi jika proletariat memerlukan suatu negara sebagai bentuk khusus dari organisasi kekerasan melawan borjuasi, kesimpulan berikut ini timbul dengan sendirinya: dapatkah diangan-angankan bahwa organisasi semacam itu dapat diciptakan tanpa terlebih dulu menghapuskan, menghancurkan mesin negara yang diciptakan oleh borjuasi untuk dirinya sendiri? Manifesto Komunis membawa kita langsung pada kesimpulan ini, dan tentang inilah Marx berbicara ketika ia menarik kesimpulan-kesimpulan dari pengalaman Revolusi 1848-51.

0 komentar:

DAFTAR ISI

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP