Recent Posts

Recent Comments

Popular Posts

Tutorial Blog

Katanya Temen Nih

Site Info

tab 1 - Click >> Edit

Friend Link

Diberdayakan oleh Blogger.

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

Reader Community

About Me

Followers

Search

Memuat...

Selasa, 10 Januari 2012

Bagaimana Terampil berbicara di depan umum (Public Speaking )

Tips No. 1 ( Taklukkan diri anda )
Belasan tahun yang silam, ada seorang pemuda yang diminta untuk memberikan pelatihan kepemimpinan untuk adik-adik kelasnya di suatu acara pelatihan yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang. Dengan ragu-ragu ia karena ingin berbagi pengetahuan dengan adik-adik kelasnya, akhirnya ia menyanggupinya. Tetapi yang terjadi di luar dugaan, ia kehilangan kendali; mulut seperti terkunci, suara tak mau keluar, tangan gemetaran, pandangan hampa dan sebagainya. Akhirnya ia gagal dalam memberikan pelatihan tersebut. Sahabat pembelajar, pemuda itu adalah saya sendiri ( Tan Bun Heng ). Anda bisa bayangkan saat itu betapa malunya diri saya. Tetapi cita-cita menjadi seorang Pembicara mengalahkan segalanya. Hari ini dan hari-hari yang lalu, saya telah tumbuh berkembang menjadi seorang pembicara yang menginspirasi kehidupan banyak orang.

Banyak Batu-batu sandungan yang HARUS DILEWATI.
Sesungguhnya hal tersulit untuk menjadi seorang pembicara yang terampil adalah menaklukkan diri sendiri, menaklukkan pikiran buruk, ego kita. Apa yang anda rasakan ketika 1 hari, 1 jam, 10 menit sebelum tampil di depan umum untuk berbicara ? Bayangan seperti 'saya tidak bisa', audience akan menertawakan saya, mereka lebih pintar dari saya, mati deh saya berbicara di depan orang-orang yang lebih tua dari saya, lebih tinggi jabatan dari saya, dsbnya akan mulai berkecamuk di pikiran, akan mulai merusak ingatan anda, akan mulai menghilangkan akal sehat anda. Rasa malu, takut salah, takut ditertawakan adalah penyakit-penyakit kronis di dalam berbicara di depan umum. Tidak ada jalan pintas, teman. Tidak ada pil dewa yang bisa langsung membuat anda langsung pintar bicara, tidak pula dengan sekarung uang, anda langsung pintar bicara. Tetapi ada banyak cara untuk mengontrol diri anda agar berbicara lebih baik.

Ubah Cara Pikir / Pandang anda
Sahabat pembelajar, kalau anda hari ini adalah orang yang lahir normal, pernahkah anda berpikir bahwa saat anda lahir, anda hanya mengeluarkan suara saja, sampai umur 2 tahun pun anda belum bisa dengan lancar mengucapkan satu kalimat dengan jelas ( kecuali anda bayi ajaib ). Tetapi apakah anda tahu, bahwa dengan kondisi tersebut, anda begitu membuat gemas orang tua anda, mereka begitu senang, gembira dan bahagia. Lalu anda terus belajar, dan diajari, akhirnya hingga hari ini tanpa terasa belasan tahun berlalu, anda sudah bisa bicara dengan baik. Ini artinya anda harus punya cara pikir yang positif menyikapi kekurangan yang ada. Jika anda saat ini kurang bisa lancar berbicara di depan umum dan orang lain menertawakan anda, lihatlah wao, saat ini saya lagi membuat banyak orang lain senang, bahagia, maka anda akan lebih lepas beban. Lalu pikirkan juga, bahwa orang yang menertawakan anda belum tentu bisa juga. Percayalah sama saya, ini benar, di dunia ini hanya kurang dari 10 % orang yang terampil berbicara di depan umum. Jadi kalau mereka juga tidak lebih baik dari anda, buat apa anda risau.
Sama halnya dengan orang di kolam renang tidak akan malu berpakaian sangat minim. Kenapa? Karena semua orang juga begitu adanya.

0 komentar:

DAFTAR ISI

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP